Semua karna AnugrahNya

 

Setelah menjalani 4 tahun perintisan gereja Tuhan di Jakarta, hanya satu kata yang bisa saya simpulkan, yaitu “Semua karna AnugrahNya”.

Tahun 2013 bulan Januari saat baru memulai pelayanan ini, kami mengalami banyak kestressan, tekanan dan “shock” dalam penyesuaian dengan cara kerja, biaya hidup dan budaya di Jakarta. Gedung gereja yang sudah disepakati dengan kontraktor sejak Desember 2012 untuk diselesaikan pengerjaannya pada Februari 2013, ternyata hanya tinggal janji. Dan setelah melewati banyak negosiasi, dan tiap hari terjun ke lapangan sendiri untuk mengawasil tukang, mencari perabot, dsb, akhirnya pada bulan Maret dengan terpaksa kami memberhentikan kontraktor yang tidak dapat mengejar target dan memakai tukang sendiri untuk menyelesaikan tempat ibadah dan tempat tinggal kami. Namun bersyukur, justru di tengah segala kestressan dan ketidakberdayaan kami inilah, Roh Kudus mengajari saya untuk menjadi “Pendoa Syafaat”, untuk menopang kehidupan keluarga dan gereja yang akan kami rintis ini dengan doa dan puasa.

S__16793609

Puji Tuhan, setelah melewati 3 bulan pertama yang penuh dengan perjuangan (kena banjir, menumpang dirumah saudara, sambil membangun hubungan dengan 7 orang pekerja yang akan melayani bersama), akhirnya pada bulan Mei 2013 Tuhan ijinkan kami mengadakan ibadah Grand Opening dan mengundang seluruh mantan jemaat POKI yang sudah pulang dan menetap di Jakarta, dan memulai pelayanan kami.

Dihadapkan dengan kondisi kehadiran jemaat yang belum menentu, dan jumlah pelayan yang terbatas, jujur secara manusia kadang iman dan semangat kami bisa lemah. Namun di saat itulah Tuhan mengajar kami untuk tidak melihat pada apa yang kelihatan, namun terus memandang, mendengar dan melakukan apa yang Tuhan mau. Dan tanpa terasa, saat kami terus belajar taat dan tidak menyerah, di akhir tahun 2013 dengan jemaat sekitar 30-40 orang, Tuhan ijinkan kami mengundang 75 orang di KKR Natal, dan pada akhir tahun itu kami telah berturut-turut membaptis 4 jiwa.

040-EXODUS BOLCC FATHERS DAY 2017-Le Passion Pictures-(_DSC4676)_preview

Secara ajaib saya merasa Tuhan bekerja dalam hati jiwa-jiwa. Banyak jemaat yang sebelumnya kami rasa tidak mungkin bisa kami gembalakan karena jarak tempat tinggal yang sangat jauh (Jakarta Timur, Bogor, Karawang, Karawaci, Bekasi, Tangerang), namun saat Tuhan yang membuka pintu tiada yang dapat menutupnya. Tuhan yang berikan panggilan dalam hati mereka, sehingga sekalipun kita ijinkan mereka mencari gereja lain yang lebih dekat, mereka tetap berkomitmen dan rindu berjemaat dan melayani bersama kita melebihi segala masalah jarak dan waktu.

“Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Kor 2:9)

Dan setelah berjuang 2 tahun, ketika roh dan jiwa sudah mulai merasa lelah dan sedikit putus asa, Tuhan pun menyediakan sesuatu yang tidak pernah timbul dalam pikiran saya. Tahun 2014, Tuhan memakai gereja Shilin LLC untuk membawa saya ke Unlimited Conference di gereja GBI Keluarga Allah di Solo, yang membangkitkan iman saya berturut-turut selama 2 tahun perintisan gereja, lewat pelayanan sebagai penerjemah untuk tim Taiwan di konferensi ini. Dan di tahun 2015, diluar dugaan kami, Tuhan mendatangkan John dan Angel untuk membantu kami secara fulltime untuk melayani di Exodus. Dan dengan bantuan mereka, Tuhan menolong kami untuk membangun dan memperbaiki banyak pelayanan yang selama ini belum terorganisasi dengan baik karena keterbatasan tenaga dan waktu.

S__16793607

Pelayanan bahasa mandarin, sunday school, pelajaran perlengkapan, seperti pemuridan, pelatihan ketua selgrup, bimbingan pernikahan/suami istri dll, Tuhan mulai bangun kembali, dan banyak jiwa mulai dimenangkan dengan bertambahnya wadah dan pelayan yang ada. Bahkan di saat jemaat kami baru sekitar 50-60 orang, Tuhan juga menuntun dan meneguhkan kami untuk memulai pelayanan mengasuh anak-anak yang sudah cukup usia namun belum mengecap pendidikan seusia mereka, karena lingkungan atau keadaan ekonomi yang tidak mendukung.

Setelah melewati pergumulan yang cukup panjang untuk memastikan pekerja/pengasuh yang diperlukan, sekolah, tempat tinggal, dan dana yang diperlukan untuk pelayanan ini, akhirnya pada tahun 2016 Tuhan memampukan kami memulai pelayanan untuk 9 anak anak asuh di Airmadidi (Manado) dan bulan Juli 2016 kami mulai mengasuh 7 anak di Jakarta, yang saat ini sudah bertambah menjadi 8 anak, dengan 2 pengasuh.

Terakhir, anugrah Tuhan buat gereja kami yang kami alami tahun ini sesuai dengan janji “Urapan Ganda” yang Tuhan berikan di anniversary Exodus yang ke-4, tahun ini gereja kami mengalami pelipatgandaan dalam jiwa-jiwa yang percaya, sehingga rata-rata jumlah kehadiran saat ini adalah 90-100 orang dan di akhir tahun ini, diluar rencana kami juga, Tuhan mengaruniakan gedung sewa yang baru dengan kapasitas 500 orang, dan tempat parkir yang cukup untuk 70 mobil, jauh lebih dari apa yang kami doakan dan pikirkan.

050-EXODUS BOLCC FATHERS DAY 2017-Le Passion Pictures-(_DSC4696)_preview

“Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!” (Ratapan 3:22-23)

Terpujilah kasih setia TUHAN yang tak berkesudahan atas gereja kami,dan rahmat-Nya yang selalu baru tiap pagi buat kami yang melayani Dia. Tiada kata lain selain rasa syukur yang tak terhingga, karena semua yang ada saat ini semata-mata hanya karena anugrahNya.

Sumber : Ev. Anita Kao

19748501_651695098367916_461024925871908651_n

 

Tuhan Yesus mengasihi Anda 🙂 Dia tidak pernah meninggalkan Anda sendiri! Apabila Anda butuh layanan doa / konsultasi, silahkan tinggalkan pesan pada kolom comment di bawah ini atau hubungi kami di 02-2362-3022 #8232~ Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: