Give thanks


Mzm 136:1 “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya”.

Memasuki bulan November di suasana akhir tahun, selain suasana hati semakin sejuk karena udara yang menyejuk, saya percaya juga karena tiba momen penting yang selalu dinanti di bulan November, yaitu Hari Pengucapan Syukur atau Thanksgiving Day.

Bicara soal perayaan Thanksgiving ini, saya teringat akan sebuah perayaan Yahudi yang memiliki makna serupa, bernama hari raya Pondok Daun (Im 23:39-43). Perayaan tersebut diperintahkan oleh Tuhan setelah mereka mengumpulkan hasil panen dan mereka bersukaria di hadapan Tuhan.

Betapa pentingnya bagi setiap anak-anak Tuhan untuk tidak pernah lupa akan kebaikan dan kasih setia Tuhan dalam kehidupan mereka. Jangan pernah menganggap segala sesuatu yang kita terima dan nikmat adalah sudah selayaknya dan sepantasnya. Prinsip ini paling bisa dipahami oleh petani yang menggarap tanah serta menabur, menyiram, memberi pupuk sampai akhirnya bisa menuai hasilnya. Mengapa? Karena sekalipun mereka bekerja keras dengan tekun setiap hari, namun bisa jadi semua usaha kerja keras mereka menjadi sia-sia ketika datang wabah atau hujan badai atau sebaliknya kekeringan. Seorang petani memahami betul bahwa segala sesuatu yang mereka tuai merupakan berkat pertolongan dari Tuhan yang empunya langit dan bumi.

Itu sebabnya mengapa setiap tahun kita merayakan “Thanksgiving”, agar kita tidak lupa dan selalu memperkatakan kebaikan Tuhan kemanapun dan apapun kondisi hidup kita. Dia baik, dan kasih setiaNya tidak akan pernah berubah dalam hidup kita!

Sudahkah engkau mengucap syukur kepada Tuhan hari ini, dan sudahkah engkau mengungkapkan rasa terimakasihmu kepada orang-orang yang Tuhan tempatkan di sekelilingmu untuk memberkati hidupmu? Jika belum, segera lakukan, sebab ada kuasa yang dahsyat dalam pengucapan syukur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: