Kingdom Minded

Kingdom minded atau pola pikir kerajaan (surga) bukanlah suatu hal yang mudah untuk kita pahami, karena pola pikir tidak terbentuk sehari atau seminggu saja, melainkan harus terus diperbaharui dan terus diproses mengikuti perubahan yang ada di sekeliling kita. Mengapa pola pikir? Dan apa hubungannya dengan ayat pegangan kita bulan ini yang diambil dari Matius 6:10 “datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”? Kata kehendak disini bisa diartikan keinginan atau kemauan, yang biasanya dilakukan oleh hati dan pikiran kita. Apa yang menjadi tolak ukur kita dalam mengambil suatu keputusan akan mempengaruhi hasilnya.
Ketika saudara membaca kata “Kingdom” apa yang muncul di pikiran saudara? Kerajaan? Raja? Istana? Bagi saya sendiri kata ini memiliki arti yang tersendiri yaitu tempat yang lebih tinggi yang memberikan saya kuasa dan perintah. Kita percaya ketika Yesus berkata bahwa Dia pergi terlebih dahulu untuk menyediakan tempat bagi kita di surga, maka kita punya tempat disana. Sebagai “penghuni” Kerajaan Surga harusnya kita juga memiliki pola pikir yang sama, karena kita punya “Raja” yang sama.

Pola pikir seperti apakah yang seharusnya kita miliki? Ada seorang teman yang bertanya kepada saya, “apakah menjadi seorang Kristen itu berarti harus selalu berpikiran positif, selalu bersyukur akan setiap masalah yang ada?” Kingdom-minded person tidak sama dengan selalu berpikir positif, tetapi lebih kepada cara pikir yang berbeda dengan situasi yang ada. Untuk memudahkan mari kita melihat cara pikir orang-orang yang Alkitab catat sebagai saksi-saksi iman. Abraham misalnya, sebagai orang yang harus menunggu 100 tahun lamanya untuk seorang anak, saat Tuhan menyuruh Abraham untuk naik ke atas gunung membawa Ishak untuk dipersembahkan dia tidak menolak dan bersungut-sungut, bukan karena pasrah ataupun positive thinking tetapi karena Abraham mengerti dengan jelas cara pikir Tuhan yang dia sembah maka dia taat.

Saat ini mungkin kita sedang menghadapi permasalahan yang terasa berat dan sulit untuk dimengerti. Pernahkah kita berdiri di sudut pandang Ishak? Apakah Ishak begitu bodoh untuk tidak mengerti hal apa yang sedang terjadi, saat dia diikat dan diletakkan di atas mezbah? Yang dilakukan Ishak sungguh di luar pikiran manusia pada umumnya, dia diam dan menyerahkan segala sesuatu kepada ayahnya, karena dia mengerti ayahnya tahu yang terbaik bagi dia. Kita tidak perlu mengerti tujuan dari segala permasalahan yang sedang terjadi dalam hidup ini, yang perlu kita mengerti hanyalah apa yang menjadi tujuan Tuhan menaruh kita dalam situasi ini. Belajarlah mengenal hati-Nya lebih lagi, kenali pola pikir dan pola kerja Tuhan, sehingga memudahkan kita untuk mengambil keputusan dalam setiap keadaan.

Manusia memang tidak bisa mengerti pikiran Tuhan, tetapi kita bisa melihat bagaimana “kebiasaan” Tuhan dalam bekerja, cara Dia menempatkan orang-orang pilihan dalam suatu masalah dan bagaimana mereka keluar sebagai pemenang. Baca dan renungkan Firman-Nya, catat setiap “tips” dari setiap pemenang dan aplikasikan dalam hidupmu! Tuhan Yesus memberkati.

“Satan frequently steals the will of God from us due to reasoning. The Lord may direct us to do a certain thing, but if it does not make sense – if it is not logical – we may be tempted to disregard it. What God leads a person to do does not always make logical sense to his mind. His spirit may affirm it and His mind reject it, especially if it would be out of the ordinary or unpleasant or if it would require personal sacrifice or discomfort.”  ― Joyce Meyer, Battlefield of the Mind: Winning the Battle in Your Mind

Penulis : Veny

Tuhan Yesus mengasihi Anda 🙂 Dia tidak pernah meninggalkan Anda sendiri! Apabila Anda butuh layanan doa / konsultasi, silahkan tinggalkan pesan pada kolom comment di bawah ini atau hubungi kami di 02-2362-3022 #8232~ Tuhan Yesus memberkati!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: