Double Ten: Hari Raya Taiwan dan Perayaannya.


Setiap tahun mendekati tanggal 10 Oktober, akan terlihat bendera Taiwan mulai dipajang dan dikibarkan di berbagai tempat. Pasalnya, 10 Oktober merupakan hari nasional Taiwan atau boleh juga dikatakan sebagai hari lahirnya R.O.C Taiwan bertepatan di tanggal yang sama, 106 tahun yang lalu. Kebanyakan warga Taiwan akan pergi berlibur, pulang rumah untuk berkumpul dengan keluarga ataupun menuju Taipei untuk menyaksikan atraksi yang selalu diadakan setiap tahunnya di Chiang-Kai-Sek Memorial Hall .

Perayaan Double Ten ini pada umumnya akan dimulai dengan pengibaran bendera R.O.C Taiwan di depan gedung presiden oleh para pejabat dan diiringi dengan lagu kebangsaan Taiwan. Tentunya perayaan ini tidak lepas dari iringan parade militer yang sudah terlatih. Selanjutnya dapat kita temui pentas seni dan budaya khas etnis Tionghoa seperti lion dance dan benda-benda seni kebudayaan khas aborigin Taiwan yang dipajang. Fakta yang menarik bahwa pada tahun 2009, semua dana untuk perayaan double ten dialihkan untuk rekonstruksi dan perbaikan kerusakan yang diakibatkan oleh Typhoon Morakot, dimana menurut Wikipedia, angin taifun ini merupakan yang taifun paling dahsyat yang pernah menerjang Taiwan sepanjang sejarah Taiwan.

img_0017img_0018-1img_0019-1
Apabila dipantau dari sudut pandang sejarah, hari raya double ten merupakan hari peringatan revolusi Wuchang pada tahun 1911 di mana politik di Daratan Cina mulai berkembang, menandai akhir dari era dinasti. Pada 2016 tahun lalu, sebanyak 300 orang yang merupakan perwakilan dari 16 negara Uni-Eropa datang ke Taiwan untuk menghadiri perayaan double ten ini. Dapat terlihat di mana Taiwan mempunyai hubungan yang erat dan juga berusaha membina kerjasama yang baik dengan negara-negara lain. Sebanyak 240 anggota militer dan tim khusus pemerintah mendapatkan penghargaan dan disanjung sebagai “Pride of Taiwan” pada upacara double ten 2016 atas kontribusi mereka dalam upaya menanggulangi bencana alam. Selain dirayakan di Taiwan, banyak etnis Tionghoa di negara lain juga merayakan hari raya double ten.

Disadur dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: