Festival Budaya Nusantara 2017

Setiap tahunnya Departemen Tenaga Kerja New Taipei City bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI) menyelenggarakan acara Festival budaya Nusantara sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh Buruh Migran Indonesia (BMI) yang berjumlah sekitar 253.000 orang di negara Taiwan. Acara tahun ini disponsori oleh IF, Indomie dan Teh botol Sosro, serta organisasi PELITA yang berdiri dibawah naungan I-link Community.

PELITA mendapatkan satu tugas istimewa karena di percayakan sebagai koordinator keseluruhan acara Festival Budaya Nasional tahun ini. Sungguh suatu kesempatan yang spesial karena dapat terjun langsung melayani masyarakat Indonesia khususnya kaum buruh migran maupun imigran asing, seperti kerinduan PELITA yaitu menjadi organisasi yang peduli akan kebutuhan imigran asing yang berada di Taiwan. Lewat kesempatan ini PELITA bisa selangkah lebih dekat kepada masyarakat Indonesia di Taiwan.

Acara yang berlangsung sangat tertib dan meriah pada tanggal 20 Agustus 2017 ini dihadiri oleh ribuan masyarakat Indonesia yang berada di seluruh Taiwan, cuaca yang cukup terik siang itu tidak menghalangi antusiasme para masyarakat Indonesia yang rindu akan tanah air untuk hadir dan ikut ambil bagian dalam kemeriahan Festival Budaya Nusantara, acara dimulai dengan kata sambutan dari kepala KDEI, Bapak Robert J. Bintaryo lalu turut mengundang juga walikota New Taipei City, Bapak Eric Zhu untuk menyampaikan kata sambutan disertai dengan pemotongan tumpeng sebagai ritual pembukaan sebuah acara, dan pertukaran cindera mata antar kedua negara yang menunjukkan  niat baik untuk saling bekerjasama. Festival budaya dilanjutkan dengan tarian daerah Rantak dan Kayau yang dibawakan oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang ada di Taiwan menambah kentalnya suasana kebudayaan Indonesia yang terkenal beragam.

Acara pertunjukan semakin menarik bagi para pengunjung yang mayoritas adalah para kawan BMI karena dilanjutkan dengan performa dari band lokal yang terdiri dari beberapa kawan BMI yang tergabung dalam ROR band, kemudian acara semakin meriah dengan penampilan dari Stretta Music membawakan lagu-lagu yang bertajuk nasionalisme seperti, “Garuda Pancasila”, “Indonesia Raya”, dan “Kebyar-Kebyar”. Beberapa kawan BMI dengan sikap hormat menaruh tangan mereka didepan dada seakan menunjukkan rasa bangga akan negri kita Indonesia. 

Puncak acara yang ditunggu-tunggu adalah pertunjukan dari ADA BAND sebagai band Indonesia yang cukup terkenal menyanyikan lagu-lagu andalan yang sangat memukau para penonton seperti “Tanah Airku”, Donnie Sibarani kemudian menghentak para penonton dengan lagu-lagu andalan seperti: “Karena Wanita Ingin Dimengerti”, “Surga Cinta”, “Pemujamu”, dan “Manusia Bodoh”.

Sungguh satu momen yang sangat berarti, acara Festival Budaya Nusantara 2017 bisa dikatakan sangat sukses, PELITA sebagai koordinator acara sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang turut bekerjasama untuk kelangsungan acara juga kepada pihak sponsor yang telah mendukung acara ini, harapan kami setiap tahunnya acara ini dapat menjadi momen dimana masyarakat Indonesia berkumpul dalam rangka memupuk rasa persatuan dan kecintaan akan tanah air Indonesia, berikut video singkat cuplikan acara Festival budaya Nusantara 2017.

(klik link dibawah untuk melihat video)

video fbn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: